Blog Sabtu Malam

Halo, Selamat liburan bagi kalian yang UAS nya sudah selesai, baru saja beres SBMPTN,UN ataupun kalian yang memang gak ada minat sekolah dan kuliah jadi hidupnya liburan saja.

Buat kalian yang bekerja juga, semoga menikmati weekend yang luar biasa, God Bless.

Blog kali ini akan singkat karena saya sibuk main dota kebetulan sedang menulis beberapa pieces panjang untuk artikel blog selanjutnya, diantaranya tentang Northwest passage, Populisme dan juga mungkin beberapa hal lain.

Selain itu sibuk juga dengan kegiatan IRL karena UAS sebentar lagi, beberapa praktikum harus ke lapangan dan beberapa kegiatan yang memang harus dipenuhi macam rapat-rapat dan ketemu client buat design. Agak sedikit hectic nampaknya 2 minggu kedepan.

Ohiya, Kemarin sempet ada demonstrasi juga di Unpad, semacam kumpul-kumpul anak BEM buat aksi gatau mau ngapain tapi yang jelas lumayan panjang sebenernya ceritanya, but yah lebih banyak yang apatis karena gak ngerti ada apa dan ngapain, kayaknya aksi-aksi beginian tuh cuma segelintir orang yang tau apa maknanya, agak sulit.

Btw, lagi sibuk juga nontonin Dota, banyak banget game seru yang perlu diulas.

Terus lagi sering kepikiran juga kalau sambil melamun, kayak misalkan orang makin banyak yang merokok dan saya tidak merokok karena alasan tertentu, to be completely honest mungkin gara-gara the nature of my family yang emang bokap,nyokap kakek dari ibu yang deket sama gw juga gak ngerokok, dan kayaknya emang suka mendadak sakit kepala nyium bau asap rokok. ugh dan di lingkungan kampus kan bebas merokok, suka pengen pingsan.

Begitulah.

Lagi banyak tugas kelompok juga, rasanya ingin lebih cepat selesai semester ini, kenapa ? karena emang udah bosan sama kelas-kelas dan perkuliahan yang dosennya ngomong itu-itu aja dan gak sesuatu yang baru dan mindblowing dari dosen, banyaknya cuma dari buku referensi yang dipelajari. Its actually so boring lately.

Jadi 3 minggu kebelakang lebih banyak baca-baca soal hal random dibanding belajar soal mata kuliah lol.

Oh iya, Donald Trump ke Arab Saudi akhir minggu ini, saya lupa sampai kapan tapi itu lumayan seru, orang yang ngelarang muslim masuk sekarang masuk ke negara muslim gimana tuh. hehe, Orang Arab pada males demonstrasi sih, panas dan ngapain juga demo Trump katanya.

Begitu buat malam minggu, Selamat malam semuanya have a great night.

Balik main dota nulis logbook

Tips Menghabiskan Liburan Pasca UN

Udara kebebasan.

Welp, Selamat sudah menempuh Ujian Nasional, Meskipun buat kalian yang pengen ke perguruan tinggi, nilai UN sebenernya enggak berpengaruh. Tapi ya sudahlah, Pemerintah kita ini sedang banyak diuji terus mereka juga penasaran pengen menguji anak-anak SMA.

Image result for national exam

Anyway, Selamat karena sudah beres UN nya, Jangan terlalu dianggap serius, Nah, Karena SBMPTN masih lama, dan kalian masuk kuliah baru bulan Agustus, Maka ada beberapa tips untuk menghabiskan liburan pasca UN untuk kelas 12.

Liburan pasca UN, Melepas sedikit beban :

 

  1. Refleksi Diri : Retrospective 

Selamat sudah menyelesaikan tahap 12 Tahun Pendidikan Wajib, Lihat ke belakang dan apa saja yang sudah dilewati 12 tahun terakhir. Atau sederhananya, 3 Tahun terakhir, Masa SMA kerap dianggap sebagai masa yang penuh dengan dramatisasi dan juga kisah-kisah yang “tidak akan terlupakan walau sudah mempunyai keturunan”, Siapa anda di kelas 10 SMA mungkin akan berbeda dengan siapa anda di kelas 12, Bagaimana Progress diri anda menjelang usia “Dewasa”.

Serangkaian bidak catur yang anda susun diawal kini sudah mencapai tahap akhir, mungkin anda hanya mempunyai beberapa bidak lagi, dan semua strategi sudah dikerahkan dan inilah beberapa langkah terakhir.

Image result for national exam

Anda awalnya tidak mau masuk ke SMA ini,

“karena bukan pilihan 1”,

“karena gak ada temen masuk sini”,

“karena gak favorit”.

Tapi mungkin cuma di sekolah ini anda dipertemukan dengan teman anda yang akhirnya nemenin tiap hari ke kantin, ketemu dengan si dia yang pas Masa Ospek udah kelihatan tapi baru kelas 12 mulai deketin, ketemu dengan temen-temen yang jaim pas awal, tapi ternyata gokil  dan bikin suasana kelas beda tiap harinya.

Renungkan anda, mereka, dan bagaimana anda dan mereka sudah berada di beberapa halaman akhir kisah SMA.

Anda yang awalnya tidak banyak tahu jadi banyak tahu, guru-guru anda yang awalnya anda anggap galak ternyata malah ada yang menginspirasi, Pelajaran Sejarah, Geografi, Kimia yang bikin mengantuk enggak bakal ada lagi.

Semua guru anda bangga karena anda sudah sampai disini.

Orang tua anda, Menunaikan sebagian dari kewajiban mereka untuk mencerdaskan darah daging mereka, Setidaknya anda menyadari bahwa Sekolah ada bukan demi orang tua anda, tapi demi diri anda sendiri, meskipun anda tidak minta disekolahkan, tapi disitu ada kebutuhan yang tidak bisa disangkal.

Orang tua anda tidak berharap banyak, cukup anda menjadi orang bermanfaat dan menyenangkan orang di sekitar

Dengan selesai SMA, Anda sebentar lagi akan menghadapi lautan luas bernama kehidupan, sudah cukup bermain di pantai, Waktunya belajar berenang dan bukan hanya mengambang.

Kalau belum menemukan anda mau kemana, entah itu kuliah atau kerja, coba lihat diri anda sendiri dan apa yang anda mau. Jurusan yang anda pilih anda yang jalani dan bukan orang lain, semoga kebijaksanaan senantiasa menyertai anda.

 

3. Beres-beres berkas-berkas

 

Mulai siapkan berkas penting macam fotocopy Rapor, Nilai, Foto-foto untuk persyaratan, dan juga berkas penting lainnya, Rajin-rajin hubungin pihak sekolah juga kalau ada info soal beasiswa.

Tapi berkas adalah yang paling penting supaya tidak keteteran. Arsipkan yang penting dan jaga, termasuk fotocopy sertifikat dan piagam prestasi.

 

2. Cari kegiatan yang menambah nilai diri anda sendiri.

Banyak-banyak nonton Video Youtube yang isinya motivasi ataupun pengetahuan, Channel Youtube Seperti :

Habiskan setidaknya 50 menit per hari untuk mencari konten bermakna di dunia maya, Entah itu Video, Artikel, ataupun hal-hal lain yang enrich ur universe. Karena kesadaran manusia dan kemampuan mereka berpikir ada sesuatu yang paling berharga dari eksistensi mereka sendiri. Jadilah bijak dan dapatkan informasi yang membuka mata anda,mendewasakan dan menjadikan anda pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

3. Jalan-Jalan ke Kampus-kampus di kota kamu

Tidak perlu dijelaskan rasanya, main-main aja ke kampus yang dipengen, atau kalau misalkan pengen ke Universitas Kuning di Jakarta, main aja naik kereta kalau dari Bandung, Sambil liat situasi kayak gimana.

4. Habiskan Waktu dengan Teman

Bentar lagi pisah, anggap aja orang-orang nyebelin itu sebagai salah satu hal yang bakal bikin kalian kangen terus sama SMA bahkan pas kalian udah masuk kampus impian.

5. Siapkan diri buat SBMPTN.

Selamat belajar lagi, dan apapun pilihanmu, kamu harus melakukan yang terbaik dan kamu tetap bisa melakukan banyak hal!

 

Thursday Thoughts and Feels

  1. History tends to repeat itself. Global warming itu fenomena perubahan iklim bumi yang nyata, dan ini bukanlah yang pertama kalinya, Bumi sering mengalami perubahan iklim ekstrim dan salah satunya terjadi antara tahun 1300-1800an, Di masa itu Bumi mengalami apa yang Ahli Sejarah dan Iklim sebut sebagai “Little Ice Age” dimana iklim bumi berubah dan menjadi salah satu penyebab dari beberapa peristiwa seperti Potato Famine di Irlandia, Kegagalan panen di dataran eropa, dan juga berubahnya iklim bumi menjadi lebih dingin, juga beberapa kasus kekeringan yang parah dan juga kegersangan yang ekstrim di sekitar abad 14-16. Pada masa itu juga kehidupan manusia sangat bergantung pada hasil agrikultur, maka dari itu resiko gagal panen yang lebih tinggi membuat harga makanan naik pada masa itu dan beberapa hingga menciptakkan konflik dan bahkan perang. Weather make us moody and hungry.
  2. Minggu ini lagi males ke Jatinangor, Entah kenapa. Sibuk juga di Bandung sih. Tapi yang jelas hujan tadi pagi membuat saya jadi benar-benar malas ke Jatinangor….Lalu masalahnya udara bukan cuma bikin orang zaman dulu moody, keadaan udara dan cuaca yang tadi pagi itu bener-bener bikin ngantuk dan pengen pulang.
  3. In Other news, Banyak berita yang hype minggu ini mulai dari penembakan di London, Artikel BBC soal esports yang misleading dan juga beberapa news yang menurut saya menari dan mungkin menurut anda tidak.
  4. Ingat postingan saya Soal Hidup sebelum Civil Society ? Lagi mikir belakangan pemerintah kita nampaknya jadi terlalu besar tapi tidak efektif, We pay sooo many taxes tapi no transparansi yang jelas banget untuk beberapa level institusi, Terlalu besar tidak baik, tanpa pemerintah juga tidak baik. So Authoritarian and Libertarian, I dont belong in neither one of you, Although I do support small and effective government. But I like universal health care and free school+college.
  5. Mungkin begitu saja, Saya tahu postingannya random but at least u have something to read

Second Semester

Life as a college freshman is off to a great start, There is not much else to say but its been really-really enjoyable even though it took like 40 minutes by motorcycle from my place to campus. Good thing is that its only 20-30 minutes by Bus/Car. Anyway….

College is all about some super smart old dudes talking in front of you, Telling stories but not telling anything about the lecture and class that you signed up for. And they give you homework. U do your homework and When it comes to final exam u just find your knowledge somewhere else. Ah, What a life honestly.

So How did I got here ? SBMPTN, It wasn’t that easy the first time honestly like F*(&%uck SNMPTN honestly.

Anyway I’m here, What do I study ? Communication, Mostly. And then some marketing,branding, et cetera.

Anyway, There are a lot of orientation event or as we call it “ospek” in college, Some of it is rubbish af, like the university one where we have Super cringe and the most awkward dance party I ever attend and I only been to two dance party in my whole life (the other 1 being my high school prom)

Like the DJ  play dance music and then all the freshmen just listen to music by DJ (not dancing) and standing up awkwardly not doing anything. We supposed to go Hype and dance but it turns out everyone is too lazy since we sit in goddamn place for like 7 freaking hours.

Ah, I’m just throwing shades here.

Anyway, I really love college life because I personally enjoy being individualistic.

But its not really all that individualistic in a sense that u take these classes by yourself and u meet new people every class, it does not work like that at my faculty college honestly, idk about in other college/faculty.

U have class where u belong and that some people u go to class with, Its pretty huge in 2nd semester like 50 people at least.

Anyway, Its been quite a journey and its fun, I haven’t done much tbh, I’m thinking about doing research. And more freelance work and build PC by the end of this semester. Anyway, 2nd semester Hope my GPA is getting better and I don’t fail and crash.

College is different from high school and I enjoy it. Thanks for reading

 

Motivasi Perang Dunia 2 : Jerman & Lebensraum

Mengingat tanggal dan juga tokoh dan juga Peristiwa dalam mempelajari Sejarah bisa jadi membosankan, Bagaimana kalau kita sekarang membahas mengenai hal yang sering dibahas namun jarang menjadi fokus : Motif.

Motif dalam Perang Dunia 2 adalah, Mengapa perang dimulai dan untuk bagaimana konsekuensi dari setiap motif-motif negara.

Dimulai dengan Teater Eropa : Jerman.

Jerman Nazi 

Fuhrer (Picture from Creative Commons : Bundesarchiv, Bild 146-1990-048-29A / CC-BY-SA 3.0)

 

Pasca Hitler naik menjadi penguasa Ia mengubah total haluan negara menjadi suatu sistem fasisme yang mempercayai bahwa Orang Jerman lebih unggul dibanding ras manapun dan percaya bahwa segala hal yang terjadi pasca Perang Dunia 1 yang merugikan Jerman adalah Hasil Rekayasa Bangsa Barat dan Orang Yahudi, Hitler ingin Jerman membahas segala kekalahan di Perang Dunia 1 dan bahkan lebih : Menguasai Eropa dan menjadikan semua bangsa tunduk kepada Bangsa Jerman yang ia percaya sebagai “Ras Arya”. Doktrin ini menjadi salah satu motivasi Jerman dalam memulai Ekspansinya, Namun Nazi sebenarnya mempunyai tujuan yang lebih absolut : Lebensraum (Living Space=Tempat Hidup).

 

Kebencian Jerman Nazi terhadap bangsa barat membuat mereka melakukan Politik Isolasi dan berusaha sebisa mungkin menjadi bangsa yang berdiri sendiri secara ekonomi tanpa pengaruh keadaan sistem perekonomian dunia yang menurut Hitler terlalu dipengaruhi Yahudi dan menghadang Jerman untuk mencapai potensi maksimalnya.

Image result for Lebensraum

Bangsa Barat juga tidak segan melakukan blokade terhadap Jerman dan inilah yang terjadi di Perang Dunia 1 yang membuat Hitler merasa bahwa Amerika dan Inggris tidak bisa dipercaya dan menyengsarakan rakyat Jerman yang pada saat itu mengalami krisis pangan.

Agar isolasi dan politik berdiri sendiri mereka lancar, Maka mereka membuthkan Lahan yang luas agar Para Orang Jerman bisa memperluas segala kegiatan perekonomian mereka terutama yang berkaitan dengan Pangan, Salah satu buku sejarah berjudul “The Taste of War: World War II and the Battle for Food.” karangan Lizzie Collingham menyatakan bahwa :

“Lebensraum akan membuat Jerman menjadi bangsa yang benar-benar berdiri sendiri dan Tahan terhadap segala macam blokade, dan Hal ini akan membuat Jerman kuat dan bisa menantang Hegemoni Inggris Raya dan juga Amerika Serikat”

Lebih luas lahan yang dikuasai : Lebih banyak hasil panen, Lebih luas untuk Industri, Rakyat bisa diberi makan, bekerja untuk negara, Membuat Senjata, dan Bisa terus membiayai Perang. Sederhana.

Salah satu propaganda Nazi Germany tentang mengapa Lebensraum penting : Orang Jerman mempunyai Nilai konsumsi 2.5 yang lebih besar dari Orang Perancis dan Inggris.

Lebensraum akan membuka lahan untuk orang Jerman, Membuat mereka menguasai dataran eropa dan mempunyai Sumber daya yang lebih besar. Dan Lebensraum ini dipercayai Hitler sebagai suatu hal alami karena kebutuhan bangsa Jerman terhadap wilayah yang lebih luas adalah hal yang sudah ada dalam sejarah dan pernah terjadi.

 

Next part akan ada motivasi Jepang, Stay tune.

Memperluas Konteks dengan Sejarah

Saya selalu percaya bahwa mempelajari sejarah adalah salah satu hal yang harus dilakukan semua orang. Mempelajari Sejarah berarti menandai momen-momen penting dari masa lalu, Momen-momen penting dari berbagai sudut pandang dan konteks.

Revolusi Perancis bisa jadi tidak penting untuk anda, Namun jika anda mengerti konteksnya anda akan mengerti bahwa Revolusi Perancis bisa jadi penting karena konsep Hak Asasi Manusia ada dalam The Declaration of the Rights of Man and of the Citizen.

Mempelajari sejarah adalah bagaimana kita menyadari bahwa hal-hal di masa lalu meskipun tidak bisa diubah, bisa memberikan pelajaran kepada kita. Seorang yang mempelajari sejarah akan menyadari banyaknya hubungan antara hal yang satu dengan hal yang lainnya.

Kebenaran yang objektif tidak bisa dinilai dari satu sudut pandang saja, namun dengan konteks yang luas dan justifikasi yang kuat dari setiap hal yang muncul dari kebenaran tersebut.

Sejarah menjelaskan asal-usul dan sebab akibat suatu hal, Objektifitas adalah hal yang sulit dalam sejarah, Namun disinilah bagaimana sejarah akan menciptakkan ruang diskusi dengan konteks yang luas, Satu orang akan mendengarkan pendapat dari orang lain yang berbeda dan berpikir mengapa seseorang dapat berpikir hal tersebut tanpa mengecilkan perbedaan pendapat tersebut.

 

Hidup Sebelum Civil Society

Salah satu pertanyaan besar manusia saat ini, selain mengenai bagaimana masa depan akan berjalan, adalah bagaimana masa lalu  berjalan. Masa dimana berburu, menggembala hewan, mencari makan berjalan dan mengapa masa-masa itu berhenti dan manusia memutuskan untuk bersatu dan membangun suatu peradaban.

Image result for hunting and gathering society

Sebelum manusia berkembang menjadi sesuatu yang kompleks, manusia sebenarnya menyadari bahwa kebutuhan Jasmani mereka untuk tetap bertahan hidup adalah makanan dan naluri mereka untuk berkembang biak.

Hunting & Gathering memang menjawab kebutuhan dasar manusia untuk mengisi perutnya. Cukup dengan berburu dan juga memetik hasil alami dari alam mereka bisa memenuhi isi perut.

Pada masa itu juga tidak ada pembagian kerja sehingga kebanyakan manusia pada masa sebelum peradaban cenderung mempunyai banyak waktu luang untuk memainkan alat musik yang terbuat dari tulang hasil dari buruan, dan melakukan hubungan seks dengan lawan jenis mereka.

J.J Ma Boy (image creative common license

State of Nature manusia pada saat itu memang tidak diketahui pasti, Jean Jacques Rousseau dalam tulisannya A Discourse on Inequality” (1755) berpendapat bahwa manusia sebenarnya mencintai perdamaian pada masa sebelum peradaban, Manusia cenderung menghindari konflik meskipun biasanya bertemu dengan koloni lain yang mempunyai maksud bertentangan. Dan segala persaingan dan perpecahan muncul pasca adanya Peradaban yang menciptakkan pengelompokkan dalam masyarakat.

 

Image result for Thomas Hobbes
Thomas “Everyone have their animal sense” Hobbes

Namun di sisi Lain Thomas Hobbes dalam bukunya seperti Man and Citizen dan Leviathan  berpendapat bahwa Hidup sebelum Civil Society adalah “Solitary, poor, Nasty, brutish and short” Hobbes berpendapat bahwa Manusia pada saat itu menyadari bahwa dirinya mempunyai kekuatan dan mempunyai naluri ilmiah untuk melakukan hal apapun untuk mencapai tujuannya, Hal apapun disini berarti termasuk menggunakkan kekerasan untuk menyingkirkan manusia lain, dan bila diperlukan manusia pada saat itu mempunyai kebebasan untuk melakukan hal appaun kepada orang lain.

Secara singkat Hobbes berpendapat bahwa manusia memang mempunyai insting untuk bertahan hidup yang kuat sehingga cenderung dapat menggunakkan hal apapun dalam rangka mengusahakan dirinya untuk bertahan hidup, Dalam hal ini termasuk kekerasan dan tindakkan barbar yang dilakukan di masa lalu.

Hidup sebelum peradaban bagi Hobbes adalah dunia barbarik dimana semua manusia bertindak layaknya binatang yang berburu dan bisa memburu manusia lain. Kekerasan adalah jawaban bagi kebuntuan dalam memenuhi kebuntuan. Manusia dan keserakahan. Terbawa hingga hari ini.

Dan……

Teori Thomas Hobbes lebih kuat di beberapa tempat dibanding Teori J.J.Rousseau dikarenakan pada beberapa penemuan fossil manusia pada masa sebelum peradaban menunjukkan bahwa Manusia lebih banyak mati karena peperangan ataupun kekerasan, dikarenakan penemuan senjata maupun artifak-artifak yang melekat yang menunjukkan adanya tanda kekerasan sebelum kematian ataupun tanda lain seperti pertempuran, persenjataan dan juga jejak-jejak gambar pada dinding yang menunjukkan bahwa adanya konflik di masa sebelum peradaban.

Meskipun tidak semua wilayah ditemukan jejak

Hidup sebelum Civil Society memberikan banyak hal termasuk berkembangnya banyak waktu untuk menjelajahi bumi, Menggunakkan seni, Banyak waktu luang untuk berhubungan seks dan banyak lagi. Selain itu hidup bebas mengajarkan manusia untuk menghargai kekuatan alam dan membuka lebih banyak kemungkinan melalui penjelajahan.

Namun Hidup sebelum Civil Society sering diyakini juga sebagai masa manusia masih berpikir,bertindak dan juga mengambil keputusan layaknya Hewan. Saat dimana kebutuhan biologis adalah hal utama, Banyak yang mengatakan juga bahwa penemuan api merupakkan masa dimana manusia sadar bahwa hidup bukan hanya mengenai hal biologis melainkan juga hal diluar nalar yang mereka miliki, Seperti konsep dasar jiwa dan juga memenuhi kebutuhan kejiwaan dan menyadari keberadaan kekuatan metafisika dari alam.

Hidup tanpa peradaban memberikan kebebasan, kehidupan yang sederhana karena hanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kebutuhan terpenuhi. Masa berburu dan sebelum bercocok tanam ini, Mempertemukan berbagai orang dari berbagai tempat.

Namun Peradaban memberikan kita Internet, dan Tanpa Peradaban anarkisme akan berkembang dan mendorong setiap individu mencapai tujuannya dengan segala cara tanpa aturan.