5 Fakta Mengenai Perang Dunia (WWII)


Mungkin Dalam Pelajaran Di Bangku Sekolah Anda Pasti Mengenal Perang Dunia 2 atau World War II atau Juga PD2.
Mohon Maaf Apabila Ada Kesalahan Wajar… Masih Newbie
Perang Dunia Dua Adalah Konflik Global Yang Berlangsung Antara 1 September 1939-2 September 1945 Yang Melibatkan 2 Pihak Yaitu Sekutu (Allies) Dan Poros (Axis)

Berikut Adalah Beberapa Ulasan Tentang Perang Dunia 2 Menurut @slashrudi9  Follow slashrudi9 on Twitter

1.Peserta Perang Dunia 2

 Perang Dunia 2 berlangsung Antara Blok Allies (Sekutu) Dengan Anggota Sebagai Berikut :

  1. Amerika Serikat
  2. Uni Soviet
  3. Perancis
  4. Britania Raya (Ingrris)
  5. Meksiko
  6. Dan Lain-Lain
Blok Axis (Poros) Memiliki Anggota Sebagai Berikut :
  1. Jerman Nazi Dibawah Komando : Adolf Hitler                                                                  

    Bendera Jerman Nazi, Dengan Lambang Swastika Sebagai Logo Utama
  2. Republik Sosialis Italia Dibawah Komando :  Benito Mussolini                          
  3. Kekaisaran Jepang Dibawah Komando : Kaisar Showa (昭和天皇)        
  4. Dan Beberapa Negara Komunis Lainnya

2.Lets Start The War !

Menurut Sejarah, Perang dunia 2 sebenarnya sudah berlangsung sejak 1 September 1939 Yaitu Saat Dimana Jerman Nazi Mulai Menginvasi Wilayah Polandia Dan Sekitarnya Dalam “Total War” Ini Semua Negara Mengeluarkan Segala Kemampuan Terbaik Dalam Hampir Seluruh Bidang.

Berikut Adalah Beberapa Kejadian Penting Dalam Perang Dunia 2 Di Wilayah Asia-Afrika:

1937 :  Perang Sino-Jepang

Roosevelt menandatangani sebuah perintah eksekutif yang tidak diterbitkan (rahasia) pada Mei 1940 yang mengijinkan personel militer AS untuk mundur dari tugas sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam operasi terselubung di Cina sebagai “American Volunteer Group” (AVG) (juga dikenal sebagai Harimau Terbang Chennault). Selama tujuh bulan, kelompok Harimau Terbang berhasil menghancurkan sekitar 600 pesawat Jepang, menenggelamkan sejumlah kapal Jepang, dan menghentikan invasi Jepang terhadap Burma. Dengan adanya tindakan Amerika Serikat dan negara lainnya yang memotong ekspor ke Jepang, maka Jepang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 tanpa peringatan deklarasi perang; sehingga mengakibatkan kerusakan parah pada Armada Pasifik Amerika. Hari berikutnya, pasukan Jepang tiba di Hong Kong, yang kemudian menyebabkan menyerahnya pasukan Inggris pada Hari Natal di bulan itu.

1940 : Asia : Penjajahan Perancis

Perancis Yang Diserang Oleh Nazi Di Eropa, Mulai Datang ke Asia Tepatnya Di Daerah Sekitar Semenanjung Indocina Dan langsung mengambil alih Vietnam dari tangan Jepang Yang Saat itu berkuasa di Indocina

1940 : Afrika : Mesir dan Tanah Somalia

Pertempuran di Afrika Utara Dimulai pada 1940, ketika sejumlah kecil pasukan Inggris di Mesir berusaha memukul balik serangan pasukan Italia yang menyerang dari Libya yang bertujuan untuk merebut Mesir terutama Terusan Suez yang vital. Tentara Inggris, India, dan Australia melancarkan serangan balik dengan sandi Operasi Kompas (Operation Compass), yang terhenti pada 1941 ketika sebagian besar pasukan Persemakmuran(Commonwealth) dipindahkan ke Yunani untuk mempertahankannya dari serangan Jerman. Tetapi pasukan Jerman yang belakangan dikenal sebagai Korps Afrika di bawah pimpinan Erwin Rommel mendarat di Libya, melanjutkan serangan terhadap Mesir.

1941 : Pasifik : Pengeboman Pearl Harbour

Pengeboman ini dilakukan pada tanggal 7 Desember 1941. Kala itu Angkatan Laut Jepang menyerang markas AL Amerika Serikat secara tiba-tiba di Hawai’i. Dengan Strategi Kamikaze-Nya Jepang Terus mengebom Wilayah Hawaii.

Hasil serangan ini ialah rusaknya atau tenggelamnya +/- 20 kapal tempur Amerika, 188 pesawat terbang rusak dan 2.403 korban jiwa. Di pihak Jepang, Jepang ‘hanya’ kehilangan 55 pesawat tempur dari 441 pesawat tempur yang dipakai.

Setelah peristiwa ini, Jepang baru menyatakan perang kepada Amerika Serikat dan memulai kampanye militernya di Asia-Pasifik Raya.

1942 : Invasi Jepang Ke Wilayah Asia Tenggara

Wilayah Asia Tenggara,Jepang Memulai Invasi Ke Indonesia melalui Wilayah pantai dengan pasukan armada laut besar-besaran Terutama Batavia (Jakarta) Berhasil Membuat Belanda menyerah tanpa syarat Kepada Jepang Dan Jepang Mulai berkuasa di wilayah Indonesia

1945 : Pemboman Jepang

Perebutan pulau-pulau seperti Iwo Jima dan Okinawa oleh pasukan AS menyebabkan Kepulauan Jepang berada dalam jangkauan serangan laut dan udara Sekutu. Di antara kota-kota lain, Tokyo dibom bakar oleh Sekutu, dimana dalam penyerangan awal sendiri ada 90.000 orang tewas akibat kebakaran hebat di seluruh kota. Jumlah korban yang tinggi ini disebabkan oleh kondisi penduduk yang padat di sekitar sentra produksi dan konstruksi kayu serta kertas pada rumah penduduk yang banyak terdapat di masa itu. Tanggal 6 Agustus 1945, bomber B-29 “Enola Gay” yang dipiloti oleh Kolonel Paul Tibbets, Jr. melepaskan satu bom atom Little Boy di Hiroshima, yang secara efektif menghancurkan kota tersebut.

Pada tanggal 8 Agustus 1945, Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang, seperti yang telah disetujui pada Konferensi Yalta, dan melancarkan serangan besar terhadap Manchuria yang diduduki Jepang (Operasi Badai Agustus). Tanggal 9 Agustus 1945,pesawat bomber jenis Boeing B-29 Superfortress “Bock’s Car” yang dipiloti oleh Mayor Charles Sweeney melepaskan satu bom atom Fat Man di Nagasaki.

Dengan Dua Pemboman Besar Di Negaranya,Kekuasaan Jepang Di Beberapa Negara Mulai Melemah… Selain Itu Uni Soviet Juga Berusaha Menundukan Jepang,Sehingga Mendorong Jepang Untuk Mulai Menyerah. Dan Kekalahan Jepang mencapai Klimaks Nya Pada tanggal 14 Agustus 1945,Dengan  menandatangani surat penyerahan pada tanggal 2 September 1945di atas kapal USS Missouri di teluk Tokyo Yang Membuat Jepang Menyerah Tanpa syarat Kepada Sekutu

Berikut Di Wilayah Eropa :

1939: Invasi Jerman Nazi 

Kerajaan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September sebagai komitment mereka terhadap Polandia pada pakta pertahanan Maret 1939.

Jatuhnya Polandia dan terlambatnya pasukan sekutu yang saat itu dimotori oleh Inggris dan Perancis yang saat itu dibawah komando Jenderal Gamelin dari Perancis membuat Sekutu akhirnya menyatakan perang terhadap Jerman. Namun juga menyebabkan jatuhnya kabinet Neville Chamberlain di Inggris yang digantikan oleh Winston Churchill. Ketika Hitler menyatakan perang terhadap Uni Soviet, Uni Soviet akhirnya membebaskan tawanan perang Polandia dan mempersenjatainya untuk melawan Jerman. Invasi ke Polandia ini juga mengawali praktik-praktik kejam Pasukan SS dibawah Heinrich Himmler terhadap orang orang Yahudi.
Ketika Hitler menyerang Rusia (Uni Soviet), Hitler juga memanfaatkan pejuang-pejuang Finlandia untuk melakukan serangan ke kota St. Petersburg.

Karena Terlalu Panjang😀 kita Langsung Saja Ke Penutup Perang Di Eropa😀 :

1944 : D-Day, Invasi Normandia

Setelah Bosan Menunggu,Pasukan Sekutu Menggabungkan Semua Armadanya Menjadi 1 Dan Akan Mendarat Di Seluruh Wilayah Pantai Normandia . Operasi Ini Berhasil.. Memukul Mundur Jerman Ke Wilayah Lamanya Dan Membuat Jerman Semakin Terdesak.

1945 : Not Final,But Its Make Us FeelPeace”

ada akhir bulan april 1945, ibukota Jerman yaitu Berlin sudah dikepung oleh Uni Soviet dan pada tanggal 1 Mei 1945, Adolf Hitler bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri bersama dengan istrinya Eva Braun di dalam bunkernya, sehari sebelumnya Adolf Hitlermenikahi Eva Braun, dan setelah mati memerintah pengawalnya untuk membakar mayatnya. Setelah menyalami setiap anggotanya yang masih setia. Pada tanggal 2 Mei, Karl Dönitz diangkat menjadi pemimpin menggantikan Adolf Hitler dan menyatakan Berlin menyerah pada tanggal itu juga. Disusul Pasukan Jerman di Italia yang menyerah pada tanggal 2 juga. Pasukan Jerman di wilayah Jerman Utara, Denmark dan Belanda menyerah tanggal 4. Sisa pasukan Jerman dibawah pimpinan Alfred Jodl menyerah tanggal 7 mei diRheims, Perancis. Tanggal 8 Mei, penduduk di negara-negara sekutu merayakan hari kemenangan.

3.Perkembangan Teknologi Dalam Perang

Dalam Perang “Total” Ini Semua Negara Mengeluarkan Yang Terbaik Dalam Segala Bidang

Ya.. Kutipan Diatas memang Sesuai untuk menggambarkan Perkembangan Tentang Perkembangan Teknologi,

Terutama “Mesin Pembunuh” (Persenjataan) Ya.. Muncul Beberapa Senjata Baru Dalam Perang Dunia II ini..  Salah Satunya Tank Panzer I buatan Jerman Tank Ringan Dengan Kecepatan Tinggi Dan Persenjataan lengkap ini menjadi andalan Jerman. Selain itu Inggris Membuat Tank Anti Ranjau Yang Sangat Kuat Untuk Penyerangan Frontal.

Dari Darat,Ke Udara.

Armada Terkuat Udara Dimiliki Jepang, Dengan Strategi Kamikaze Dan Juga Mesin Tempur Udara Yang Kuat Jepang Berhasil Membombardir Amerika Di Pearl Harbour.

Selain Itu beberapa Senapan Baru Muncul Di PD2 membuat Perang Ini Seolah Menjadi Batu Loncatan Bagi Kemajuan Teknologi Perang.

Selain Itu Senjata Nuklir Pertama Dipakai Di perang Ini… Selain V2 buatan Jerman ada Juga Project Manhattan Yang Menghasilkan Senjata Fat Man Dan Little Boy. Senjata Nuklir Kecil, namun Jauh Lebih Dahsyat Dari 40.000 KG TnT😮

4.Strategi Perang Unik

Jepang: Jepang Memang Terkenal Dengan pasukan Berani Mati-nya.. Yaitu Kamikaze Ya, Kamikaze Dalam Bahasa Jepang                       Berarti Pasukan Bunuh Diri. Pasukan Darat Dengan Samurai-nya Dan Pasukan Udara Bunuh Diri Yang Sangat Kuat

Jerman:Serang Dan Bertahan ! Jerman Memanfaatkan Formasi Tank yang Kuat Jerman Bertahan Dari Serangan Uni                                   Namun Jika Musuh Lengah,Berakhirlah Mereka.

5.Korban😦 Dan Hasil🙂

Korban Dalam perang Dunia 2 bisa Dibilang Paling Parah Dalam Semua Sejarah Perang Berikut Adalah Catatan Lengkapnya :

Sekutu :

Militer Tewas=17.000.000 . Sipil Tewas=33.000.000.

17.000.000+33.000.000= 50.000.000 Jiwa Melayang

Axis:

Militer Tewas=8.000.000 . Sipil Tewas=4.000.000

8.000.000+4.000.000=12.000.000 Jiwa

Meskipun Menderita Banyak Korban,Tapi Pihak Sekutu Berhasil Memenangkan Perang Dan Membagi Jerman Menjadi Dua Bagian, Republik Federal Jerman (Jerman Barat+Amerika) Dan Republik Demokratis Jerman (Jerman Timur+Soviet)

perang Ini Pun Membuat munculnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai negara adidaya, terbentuknya blok-blok yang menjurus ke Perang Dingin, mulai lepasnya negara-negara jajahan Eropa.

Sekian Dari Kami..

Sumber Utama

http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_2

Thanks !!!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s