Breaking The Walls


I always Like the way internet break the boundaries and walls between one thing and another. And at some point we see too many wall broken down and we couldn’t see quite clear the limit between one thing and another.

pic from funnyjunk.com

Saya selalu menganggap bahwa Hubungan Internet dan Manusia adalah sesuatu yang unik, Ada saat dimana Atensi yang didapat seseorang di dunia Maya muncul karena Tindakkan mereka di Dunia Nyata, ada juga yang mendapatkan atensi di Dunia Nyata setelah apa yang mereka lakukan di Dunia Maya. Vice Versa.

Kita seolah mengenal banyak keterbukaan dari Internet,  Dulu kita pernah ada di masa dimana orang bersifat skeptis terhadap Televisi karena dianggap bisa mempengaruhi Seseorang dengan cepat, Tapi setelah kita lihat jauh dibalik itu Televisi justru dipengaruhi oleh audience-nya sendiri.

The more we watch low quality TV Shows, The more TV try to Make Low Quality Show,Karena apa ? Karena yang Low Quality saja Ditonton. Well, TV seolah jadi media informasi utama, Tapi mengkhawatirkan jika TV digunakkan pihak tertentu untuk sarana pengalihan Informasi dan Melupakkan Integritas Pers. Sad to see our National Television, BTW, Pemerintah harusnya bisa punya alokasi dana khusus untuk TVRI yang sekarang agak mengkhawatirkan, Dan juga untuk media Informasi Pemerintah ke Masyarakat di Media-media lain, Agar kita bisa well informed mengenai Kebijakkan Pemerintah.

Ada pekerjaan besar dalam membenahi Media agar Tetap Mempunyai Integritas dan Jauh dari intervensi pihak “pemilik” ataupun apalah itu namanya mereka yang menguasai Media Tersebut.

But we got internet Now, Internet juga Media. Hanya saja, Internet adalah contoh paling sederhana dari simbol kebebasan,keterbukaan dan Integritas dalam Informasi.

Banyak media massa bermain di Internet, Ada yang beritanya Bagus, Ada yang beritanya payah, Ada yang Pake SEO (Search Engine Optimization, ada yang pake Clickbait, Et cetera.

Tapi Konsumen di Internet, Bisa memilih berita yang mereka ingin baca/lihat. Pilihannya jauh lebih luas dibanding di TV yang notabene nya dibatasi oleh Stasiun Televisi.

Those Walls are isn’t mean to be broken, You just need to find the right door. Karena apa informasi yang anda ingin lihat perlu anda pilih, Anda bisa memilih Pintu dimana Berita dikontrol Pihak Oposisi yang berisi kritik,saran dan tak jarang kecaman. Atau pihak Pemerintah yang berisi Kebijakan,Ajakan, dan tak Jarang Pencitraan ataupun Gimmick Bantuan Sosial.

Internet harusnya bisa menjadi ruangan Informasi raksasa yang kita masuki melalui pintu yang menurut kita tepat, Toh Surga pun pintunya Banyak.

Internet juga menjadi surga bagi Blogger yang senang mengemukakan Pendapat, Walaupun Informasi yang akurat muncul bukan dari pendapat, Tapi dari Sudut Netral.

I always trust Wikipedia as one of the best provider of NPOV (Neutral Point of View) Pages.

Meskipun Wikipedia Bahasa Indonesia menurut saya bisa lebih baik lagi melihat Pesatnya Perkembangan pencarian Jawaban pertanyaan Melalui Internet. Bahkan Suundar Pichai pada Google I/O kemarin menyampaikan Kalimat Bahwa

Google search worked the same for everyone in the world, whether you were a rural kid in Indonesia or a professor at a world class research center, you had the same search results at your fingertips as long as you had access to a computer and connectivity.

Hell yeah, He mentioned Indonesia. Dan juga bahwa banyak orang mencari hal melalui Internet,  Dan banyak orang berubah dari tidak tahu, Menjadi Tahu melalui Internet.

Dari Tidak Tahu, Menjadi Tahu. That’s the key in the education isn’t it ?

Keterbukaan Informasi adalah Kunci Masyarakat yang Madani.

Cheers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s