USB Type C


USB Type-C atau USB 3.1 is coming Lads. Brace Yourselves, Why ? Karena USB type-C akan jadi Pionir baru di dunia port dan Kabel.

USB Type C on Macbook 2015

Seperti yang kalian sudah tau, Kita punya macam-macam Interface Port Atau Konektor.

Apple misalnya Punya Lightning. Digunakkan untuk Mobile Devices, Bisa untuk Interface Transfer Data, Charging. Lightning mengganti Port 30 Pin yang dianggap tidak Simple oleh Apple, Dan bisa bulak balik juga alias Upside Down (Padahal Nokia bisa upside down dari dulu).

Lightning different sizes and Type
different size and Type of Apple’s Lightning

Intel punya Thunderbolt, Interface transfer data High Speed dan Power yang popular digunakkan di Mac dan Peripheral lain. Intel menggunakkan Copper untuk Kabel pendek dan Optical Cable untuk Kabel panjang (Diatas 30M) Thunderbolt mempunyai speed yang cukup bisa diandalkan untuk transfer data ukuran raksasa.

Thunderbolt, Intel’s Media for Big and Quick data transfer.

 

Ada Displayport,HDMI, dan Lain-lain. Tapi yang paling Populer saat ini adalah USB.

Different Kind of Ports. Ayo ingat satu-satu.

Why USB or Universal Serial Bus is so Popular ?

USB Certification Logo.

The Key is, The U.

U dalam USB, Berarti Universal. Atau bisa dibilang, Semua orang punya Hak untuk menggunakkan Port, Cable, dan Interface USB, USB bisa ditemukan di hamper setiap peripheral computer, Selain itu satu hal lain adalah bahwa USB faktanya adalah Interface yang sudah kuat Ruang Lingkupnya.

Ekosistem USB sudah sangat hebat sampai-sampai beberapa dari kita menyebut Flash Drive dengan sebutan USB, padahal belum tentu Flash Drive/Flash Disk tersebut menggunakkan Port USB, bisa saja interface lain Seperti HDMI,Displayport ataupun Lightning.

Jadi Apa Yang istimewa dari USB type C, Well. USB Type C akan

USB C on Chromebook pixel credit to gizmodo.

jadi kesatuan yang Universal, Karena Beberapa Laptop sudah menggunakkan USB type C sebagai Interface data sekaligus charging Mereka, Chromebook Pixel adalah salah satunya, Dan ini artinya Google menggunakkan Approach atau pendekatan yang jelas terhadap USB Type C.

 

Lalu The All new Macbook, Laptop yang Diklaim Apple sebagai Macbook paling tipis, hanya mempunyai satu Port, yaitu USB Type C dan juga port ini akan jadi Sarana Utama charging, Transfer data, Dan Lain-lain.

 

Tapi, Mengapa USB Type C bisa sehebat ini ? Kita semua Tau bahwa USB model Sebelumnya, Yaitu USB 1.0,2.0,3.0 tidak mempunyai versatility atau kemampuan Ekstra, dan USB 2.0 atau 3.0 tidak mungkin digunakkan untuk Men-charge laptop seperti USB Type C, Bahkan USB type C bisa digunakkan sebagai Media Interface, Atau  menghubungkan Display Input Ke output berupa Layar resolusi 4K.

Beberapa Port ditujukan untuk fungsi khusus, Seperti misalkan HDMI port untuk Display atau Media, Lightning untuk charging dan Data, dan banyak lagi.

 

USB type C, atau USB 3.1 dengan model Port C, mempunyai technical specification yang luar biasa dibandingkan dengan ukurannya yang kecil, USB Type C bisa digunakkan untuk men-transfer output Display ke Layar 4K, karena Memang kecepatan transfer datanya sudah mencapat 10 Gbit/S yang artinya bertambah dari USB 3.0, Dengan Label Superspeed+.

Selain itu Power untuk USB type C, dikabarkan bisa untuk Men-charge Laptop, Seperti pada Macbook, Chromebook.

Dan USB type C nampaknya akan digunakkan Untuk Device Nexus Selanjutnya, Dan itu artinya Android dan Google mengikuti Tren USB C, dan akan Menjadi Pionir, akan lebih banyak Device Smartphone dan Tablet Dengan USB Type C. Faster Charging, Faster Data.

Selain itu Nokia dan Microsoft juga sudah menggunakkan USB type C untuk Tablet Nokia N1.

Siapkan peripheral USB Type C anda jika tidak ingin ketinggalan,  dan demand nya masih low, Otomatis supply juga high, dan harga pasar harusnya masih murah. Harusnya. Karena Akan banyak Device dengan USB Type C, dan kalo beli Adapter jangan dari Apple, Untuk alasan Harga.

Third Party Adapter for USB Type C devices
Third Party Adapter for USB Type C devices
Apple price tag for Their Adapter. Doh.
Apple price tag for Their Adapter. Doh.

Masih banyak vendor lain yang menyediakan Adapter Lebih Murah.

 

Thanks For Reading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s