Peradaban Mesir Kuno


Judgmental Horus

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari “The Big 3” untuk Peradaban Awal Manusia, Perlu dicatat bahwa peradaban awal manusia yang umum dipelajari di pelajaran sejarah di sekolah adalah 3 besar Peradaban Kuno :

  1. Peradaban Sungai indus
  2. Peradaban Mesopotamia (Sungai eufrat tigris)
  3. Peradaban Mesir Kuno (Sungai Nil)

Dan kita sampai di Mesir, Peradaban yang memberikan kita para firaun dan juga riwayat Musa yang membawa Kaum Israel kembali ke Kana’an (Palestina saat ini), Peradaban yang terkenal dengan Sungainya Yakni Sungai Nil.

 

Mengapa Mesir Kuno Hebat ? Mesir Kuno menciptakkan Lapangan kerja bukan hanya untuk Hamba Sahaya di masa Lalu, Tapi juga para orang-orang yang saat ini menyebut diri mereka sebagai”Egyptologist“, Mereka yang mendedikasikan Hidup untuk mempelajari Cara Hidup Firaun, Tidur di makam Firaun bahkan mereka mencari tahu bagaimana para Firaun Mati.

Dan jangan lupakan segala macam Teori Konspirasi yang melibatkan Piramida dan juga Eye Of Horus, Dan juga bagaimana orang Amerika di Abad Ke-18 amat sangat terobsesi dengan para Pharaoh dan juga bagaimana mereka berkuasa, Ada Series Artikelnya di Wikipedia, Klik Disini.’

Kita Tidak tahu para pemimpin Peradaban Sungai Indus, dan hanya tau sedikit soal para pemimpin di Mesopotamia, Tapi Para Egyptologist punya cara untuk mengetahui Sodara-sodara Para Firaun dan Tutankhamun alias King Tut.

Font Wingdings juga terinsipirasi hieroglyphs

Pengaruh budaya Mesir Kuno pada Peradaban Barat, Termasuk Literature Yunani Kuno dan Juga Romawi Kuno amat sangat besar.

Piramida Giza (Dibuat pada 2560 sebelum Masehi)


Pencapaian Peradaban Mesir

  1. Sistem Pengairan Nil
    Nil adalah sungai yang tenang dengan Banjir yang relatif mudah di Kontrol, Tapi hal yang istimewa adalah meskipun terletak di Tengah gurun, Bantaran Sungai Nil adalah daerah yang sangat subur, Beberapa riwayat sejarah Mesir Kuno Mengatakan Bahwa saat mereka menaruh Biji di Tanah, Mereka “hanya menggunakkan Ternak untuk menginjak Biji-biji itu dan kemudian tanaman tumbuh dan tidak lama berbuah dengan subur”, Bahkan karena sistem Pertanian mereka mudah, Mereka hanya menggunakan sistem pengairan sederhana untuk membuat kubangan Air yang bisa diambir saat dibutuhkan.
  2. Religius
    Orang Mesir adalah salah satu orang yang punya kepercayaan yang Unik, Dari Mulai Dewa Ra sang Dewa Matahari .
    Amun Dewa Dari Para Dewa (banyak yang Bilang kata “Amin” juga datang dari nama Dewa ini, Dan Brown nampaknya membuat konspirasi ini. Sumber : Klik Sini) .

    200px-amun-svg
    Amun

    Atau Kombinasi Keduanya,
    Amun Ra….

150px-re-horakhty-svg
Amun Ra, Kombinasi dari Ra dan Juga Amun. 

Kepercayaan mereka juga berisi pemujaan terhadap Raja Mereka yang seringkali dianggap Tuhan karena kemampuan sihir dan juga asistensi mereka pada para petani di sekitar Nil.

Dan Para orang ini sempat disebut di beberapa Ayat dalam Kitab Suci Agama Abrahamik, Termasuk dalam Taurat, Bible dan juga Quran. Salah satu yang terkenal adalah :

“..The Lord of hosts, the God of Israel, said: “Behold, I am bringing punishment upon Amon of Thebes, and Pharaoh and Egypt and her gods and her kings, upon Pharaoh and those who trust in him..”

Jeremiah 46:25

3. Membuat Bangunan Besar

Sphinx adalah Landmark Mesir, Begitu juga Piramida, Bangunan ini dibangun untuk menghormati Raja, Yang dianggap juga sebagai Tuhan, Dan kalau untuk Tuhan, Apa sih yang enggak ? Nah makanya mereka sampai sengaja berbondong-bondong membangun ini, Dan kenapa mereka punya waktu ? Karena di Sungai Nil, Mereka tidak perlu sibuk Bercocok Tanam, Mereka punya banyak waktu Luang.

4. Sistem Ilmu Pengetahuan

Perbintangan, Roda, Sistem Bangunan, cara pencatatan Sejarah. Kita banyak menerapkan ilmu ini hingga Sekarang, Dan Perlu di catat Matematika dan Geometri juga dimulai di Mesir Kuno hingga Menjadi Sekarang.


 

Lokasi Peradaban Kuno Mesir bisa dibilang mengikuti Arus Sungai hingga ke selatan, Dan Bisa Dibilang hanya segitu-segitunya, Karena Mesir menurut bukti Arkeologi dan Sejarah bisa dibilang senang mengisolasi diri.

Kapan Peradaban Sungai Nil Muncul dan Hancur ?

 

Kerajaan Mesir Kuno Berlangsung Dari Mulai 2649 SM-300 SM.

Lebih Panjang dari 0 Setelah Masehi -2016.

Dan Kerajaan ini dibagi lagi menjadi 3 Masa,

  1. Old Kingdom
  2. Middle Kingdom
  3. New Kingdom

Dan diantara ketiga masa tersebut ada

Apa Ciri Khas Kerajaan Mesir Kuno ?

Kepercayaan Yang unik, Kereta Kuda Dengan Pemanah Atau Egypt War Chariot. Dan juga Politik mereka yang tertutup dan juga Penghormatan kepada Raja.

Dan Satu hal yang kita tahu Pasti, Kerajaan Mesir Kuno sangat sering disebut di Kitab Suci, Dan kesucian piramida berhasil dikalahkan oleh para Arkeologi yang tidur di Piramida untuk mengetahui apa isi kuburan para Raja.

 

Thanks For Reading. See You on the next piece.