Instagram’s Timeline Change : Explained


Wahai kalian yang kemarin sibuk-sibuk ngasih tahu temen-temennya untuk

“Turn on notification Instagram aku yaaaa!!”

“Nanti aku turn on back !”

Kalian harus sadari bahwa ketidaktahuan kalian terhadap Informasi sebenarnya menjadi suatu hal yang layak kami tertawakan.

Jadi sebenarnya apa yang akan terjadi dengan timeline Instagram?

Bener enggak, sih?  Kalau notification enggak di turn on bakal menghilang Dari timeline temen-temen kita ?

Apa hubungannya sama narsisme? ada lah .

Jadi Instagram beberapa waktu yang lalu mengumumkan bahwa mereka akan menggunakkan algoritma baru untuk sistem timeline mereka. Instagram akan menggunakkan Pendekatan yang sama seperti Facebook, Yakni dengan sistem :

Apa yang lebih Menarik untuk user (berdasarkan apa interest kita, mana yang lebih sering kita like,kita comment,kita stalk. akan muncul lebih banyak di bagian timeline.)

ini mengubah sistem Instagram sebelumnya yang menggunakkan sistem chronological order Yaitu dengan urutan kronologis waktu (post terbaru di atas, post lama di bawah) lengkapnya baca di salah satu posting Blog Instagram

Kalau anda yang menggunakkan Facebook tentunya tau bahwa dengan sistem timeline ini, Yakni yang lebih sering kita like,kita kunjungi,kita stalk, kita comment, postingannya bakal muncul diatas, meskipun posting mereka lebih lama atau enggak update. Tapi karena menurut algoritma facebook orang ini penting buat kita, Maka algoritma ini bakal munculin orang ini di top post timeline kita.

Algorithma ini berdasarkan berbagai macam faktor, Facebook punya rumusnya dalam algoritma ini, Bisa tau mana yang menarik buat kita berdasarkan apanya ya itulah fungsi algoritma.

mungkin mereka bakal pake ini di salah satu perusahaan milik mereka Yakni Instagram..

Nah karena di salah satu sumber saya yakni TIME Magazine, menyebut bahwa :

The turn to algorithms was likely inevitable given that Instagram is owned by Facebook, the social network whose secretive News Feed algorithm is one of the keys to its success. Facebook uses thousands of factors to determine which posts to show to individual users.

Karena Instagram saat ini adalah milik Facebook, Tidak menutup kemungkinan bahwa Timeline/News Feed Instagram bakal menggunakkan algoritma yang sama dengan Facebook, mengingat seberapa besar Facebook dengan friend list seseorang yang bisa mencapai 1000 orang tentu akan lebih bagus jika timeline kita hanya menampilkan postingan orang-orang yang memang penting dan sering berurusan dengan kita, daripada posting yang sesuai kronologi tapi kita melewatkan status keluarga dekat kita karena kita tidak buka FB pas keluarga kita itu bikin status.

Tapi dengan adanya Timeline “Top Post” ini, Setting-an untuk mengubah timeline menjadi berdasarkan Kronologi tetap ada kok. Jadi model timeline baru Dan lama dapat berjalan beriringan.

———-

Nah lantas kenapa anak muda, Online shop, pada ribut bahkan sampai ada yang kesal karena Instagram bakal melakukan ini ?

Beberapa media Informasi nampaknya melansir kabar yang salah, Karena beberapa bahkan bilang jika kita tidak “Turn on notification” orang, Maka akun orang itu bakal “hilang”, Gak ada yang like, Gak ada yang comment, Dan cuma bisa buka foto aja.

Lalu ada beberapa orang di Inggris yang ribut dengan hashtag #TurnMeOn untuk menyuruh orang untuk saling “turn on notification” salah satunya Dari media online express.co.uk yang dalam riset saya untuk posting-an ini menjadi salah satu top page untuk keyword “Instagram timeline change”

Express.co.uk ini tidak membantu sama sekali karena menyebar hoax bahwa akun bakal hilang Dan website ini menggunakkan SEO Dan Click bait agar banyak yang visit, Makanya judul beritanya Juga “sangeunahna manehanana” kalau kata orang Sunda mah, Bahkan bilang bahwa foto kita gak bisa dilihat. Wtf.

image

Nah ini sebenarnya hanya hoax.

Foto kita tidak akan hilang, Dan jangan panik jika tidak ada orang yang men-turn on notification kita, Lah Bahasa gue jadi ngaco gini lah efek gosip gaje ini.

Ok serius lagi

Jadi tetaplah tenang, karena dilansir Instagram Juga bahwa perubahan ini masih beberapa bulan lagi, dan tidak akan ada momen yang terlewatkan karena perubahan ini.

Justru malah timeline dengan chronological order malah membuat kita melewatkan banyak hal, apalagi kalau sudah lama tidak buka IG, terus posting-an gebetan kita kelewat Dan kita enggak Tahu dia nge post foto baru, kan an….

Nah disinilah gunanya fitur “Turn On Notification” biar kita gak kelewat posting-an orang orang yang menurut kita penting, orang yang Kita sayang,kerabat,keluarga ataupun kekasih. Agar kita Tahu meski sudah lama tidak buka IG.

Singkatnya :

Gak usah turn on turn on segala lah. Jangan kemakan gosip, Instagram sampe bikin disclaimer karena panik kenapa usernya sampe pada ribut gini. Dilansir Instagram bahwa perubahan belum akan dilakukan, kayaknya efek salah sosialisasi Dan kurang sosialisasi, mengingat kan saya pada pemerintah Indonesia, Ini tweet nya :

image

Jangan takut kehilangan likes Juga, wahai para orang narsis. Kalian masih selamat. Lol

Kedewasaan kita dalam menyikapi Informasi sangat diperlukan di Era Informasi,

Nah kalian yang panik-panik turn on-turn on itu nampaknya selain kami tertawakan, layak Juga untuk kami pertanyakan

Sudah dewasa kah kalian dalam menyikapi Informasi yang kalian terima ?

Thanks for reading. Feel free to share this useful information.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s