Melewati Samudera Atlantik Dalam 3.5 Jam


Pconcorde_landing_farnborough_fitzgeraldesawat Concorde adalah legenda di dunia transportasi. Bisa Dibilang Concorde adalah salah satu puncak pencapaian dunia Barat pada Saat Perang Dingin.

Concorde adalah Pesawat terbang supersonik yang melayani jalur transportasi penerbangan secara komersial.

Dari Mulai 21 Januari 1976, Setiap Pesawat Komersial Concorde Terbang dengan kecepatan 2,04 mach (Kecepatan Suara) atau sekitar 2518 Kilometer Per Jam Pesawat ini bisa melewati Samudera Atlantik Untuk Penerbangan dari New York Ke London hanya dengan waktu tempuh sekitar 3.5 Jam.

2016 ? Penerbangan dari New york ke London mempunyai waktu tempuh sekitar 7 jam.

Concorde hanya membutuhkan waktu setengah dari kecepatan penerbangan saat ini.

Tapi di 24 Oktober 2003 Pesawat Concorde dinyatakan tidak akan digunakan untuk rute komersial dan diumumlan bahwa akan berhenti dioperasikan.

Kita Punya Pesawat dengan kecepatan Suara, Tapi lantas kenapa diberhentikan?

concorde
Cetak Biru Concorde

Concorde pada Zamannya adalah Simbol dari Keajaiban Engineering Barat, Dimana Amerika, Russia, Perancis dan Inggris berhasil mengembangkan sebuah mahakarya pesawat yang di design sedemikian rupa agar bisa terbang dengan kecepatan suara, Namun tetap bisa melayani rute penerbangan Komersial, Dimana Pesawat ini membawa ratusan orang dengan gaya hidup mewah yang ingin terbang dari London Ke New York dengan Waktu yang relatif sangat singkat.

Supersonic Transport (SST) adalah mimpi dari Para Ahli Insinyur Dunia di era 1950-an,  Dan Mimpi ini berusaha diwujudkan melalui riset dan pengembangan di Perancis dan Inggris, Inggris sudah mempunyai desain pesawat yang mendekati Concorde, Namun tidak mempunyai cukup biaya untuk melakukan Test dan Juga Produksi massal, Akhirnya Pihak Inggris mengajukan kepada Komunitas Internasional untuk melakukan kerjasama dalam pembuatan SST ini.

Concorde Terbang di 2 kali Kecepatan Suara, Atau Mach 2, Ini artinya Pesawat Ini membutuhkan desain khusus agar gesekan antara bodi pesawat dengan Udara tidak menciptakkan panas yang berlebihan yang bisa membakar badan Pesawat, Karena itu Lapisan Cat dari Concorde Menggunakan Coating Khusus agar tidak terbakar.

temperature

Menurut beberapa saksi yang pernah terbang dengan menggunakan Pesawat Concorde, Lapisan Kaca Jendela di pesawat ini cenderung panas saat disentuh, Dikarenakan gesekan antara Udara dengan Jendela yang sangat besar dan membuat badan pesawat menjadi panas.

Namun Desain dari concorde ini unik, Desain pesawat dengan kecepatan tinggi biasanya menggunakan Sayap Delta (Delta Wings), Sama seperti beberapa Shuttle Space dan juga beberpa pesawat dengan kecepatan penerbangan yang sangat tinggi lainnya.

Tapi Concorde menggunakan Sayap Ogival Delta, Yakni Sayap Delta namun dengan bagian sayap yang lebih cenderung melengkung.

lk

Sayap Ogival Delta ini digunakkan untuk mempermudah Take off dan Juga Landing pesawat yang menggunakan tenaga ekstra untuk terbang dengan kecepatan suara, Selain itu Satu hal yang unik dari pesawat Concorde adalah Bagaimana Pesawat ini Mendarat dan Juga Take off.

Perhatikan Bagian hidung dan kepala dari pesawat yang melengkung pada saat bagian menjelang pesawat off ground, Itu karena Pesawat Concorde harus Take off dalam sudut yang dikatakan ekstrim, Dan agar pilot tetap bisa melihat kedepan, bagian hidung dan cockpit sengaja di design agar pilot dan copilot tetap bisa melihat ke depan.

Skip ke menit 1:08 untuk melihat Landing Concorde di video diatas.

Dan pada saat landing Pun sangat terlihat bagaimana bagian hidung pesawat bengkok dan merunduk seperti paruh burung, Agar pilot bisa melihat runway.

Insinyur membuat cockpit yang fleksibel Yang disebut “Droop Snoot” agar pilot tetap bisa melihat keluar pesawat di saat take off dan landing di sudut yang lumayan ekstrim.

Terbang di ketinggian Sekitar 18300 meter jauh diatas pesawat komersial biasa yakni sekitar 11000 meter, Concorde terbang di ketinggian yang sangat tinggi sampai-sampai anda bisa melihat lengkungan dari horizon.

Jangan lupa bahwa di awal tulisan in saya menyebut bahwa Concorde adalah simbol dari kemewahan di dunia barat, dan begitulah kenyataannya.

time-capsule-trip-report-flying-the-concorde-28-thumb

Penerbangan di zaman sekarang dikenal dengan makanannya yang tidak mewah dan sama sekali tidak enak, namun harganya justru selangit, Nah Concorde adalah salah satu penerbangan yang terkenal dengan sajian makanannya yang mewah, Dari Mulai adanya toast dengan white wine saat pesawat mencapai kecepatan mach 2, dan juga segala hidangan masakan perancis yang disajikan.

Hidangan makan malam perancis pada umumnya disajikan selama sekitar 3 jam, Dan inilah yang membuat concorde istimewa yakni makanan yang disajikan adalah stelan makanan perancis dengan segala hidangan pembuka yang khas makanan utama dan juga dessert yang sesuai dengan harga satu penerbangan concorde yang amat sangat mahal. Salah satu web di Internet yang membuat artikel mengenai bagaimana mewahnya makanan di pesawat ini bisa anda lihat disini

Lalu dengan segala keajaiban dunia insinyur, Kemewahan Makanan Perancis dan kecepatan Suara, Apa yang membuat Concorde harus berhenti Terbang pada 2003?

Flashback ke 25 Juli 2000, Pesawat Concorde dari Maskapai Air France Kode penerbangan 4590 mengalami pecah ban saat take off, 113 orang meninggal, Masalah disinyalir dari kerusakan Ban Pesawat yang tidak terdeteksi dan pecah ban saat take off.

Salah satu hal yang membuat SST atau Supersonic transport mengundang hal negatif adalah Masalah Bising dan Juga Polusi suara saat take off dan juga saat terbang, Hal ini dikenal juga dengan sebutan Sonic Boom, inilah yang membuat kenapa Concorde hanya terbang melewati samudera tapi tidak untuk terbang melewati kota kota di Amerika, Dan Pesawat concorde saat mencapai daratan hanya menggunakan kecepatan pesawat biasa, namun masalah kebisingan saat berada di udara tetap dianggap masalah oleh beberapa pihak pemerhati lingkungan.

Selain itu polusi dari pesawat supersonic diyakini bisa memperburuk lapisan ozon dan juga melepas polusi dengan jumlah yang besar ke udara di setiap penerbangannya, Karena pesawat ini terbang di ketinggian yang ekstrim dan gas buangannya akan berputar di ketinggian ekstrim tersebut.

Selain itu, Masalah mahalnya bahan bakar untuk pesawat ini dan juga harga tiket yang terus meroket karena bahan bakar yang Mahal, membuat masalah semakin banyak dan rumit, Pada 2003, Harga satu kursi penerbangan Concorde adalah Sekitar 12 ribu dollar, Cukup untuk membeli sebuah mobil mewah di negara berkembang pada saat itu.

Selain itu pesawat ini hanya menampung sekitar 120 Penumpang, Dan harus membayar crew penerbangan yang Ahli dan juga perawatan dan maintenance khusus untuk mesin yang bisa terbang di kecepatan suara. Rumit.

Singkatnya penerbangan Premium ini terlalu mahal dan tidak efisien, selain itu fakta bahwa selalu ada pesawat cadangan concorde di setiap penerbangan membuat maskapai harus punya biaya maintenance untuk 2 pesawat sekaligus di 1 penerbangan. Pesawat cadangan ini disediakan agar penumpang yang membayar “premium” tidak kecewa jika penerbangan mereka harus mengalami delay karena masalah di pesawat utama.

Akhirnya karena masalah dan efisiensi yang semakin rumit, British Airways dan juga Air France pada april 2003 mengumumkan bahwa mereka akan mengehentikan operasional jajaran penerbangan Concorde dengan alasan  biaya maintenance yang semakin meroket dan tidak bisa tertutupi oleh biaya komersial.

Pada akhirnya mimpi penerbangan komersial dengan kecepatan supersonic harus dihentikan karena tidak adanya profit di sector ini, Dan kerugian adalah hal yang paling dibenci dari sistem yang kerap menuntut efisiensi seperti dunia.

Pada akhirnya Model bisnis Pesawat Supersonic Komersial harus terus di evaluasi agar bisa tetap membawa orang dalam kecepatan tinggi dan juga bisa memberikan profit yang tinggi ke para pembuat model bisnis ini.

Mungkin anda tertarik jadi insinyur dan manajer model bisnis supersonic?

Diolah dari berbagai Sumber, Special thanks to Vox Media YouTube Channel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s