Sustainable Development Goals


Jadi kemarin adalah kuliah perdana bagi seluruh Mahasiswa baru Universitas Padjadjaran angkatan 2016, Berhubung kuliah perdana materinya disampaikan langsung dari Rektor Unpad Bapak Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr, Jadi kemarin saya dan Mahasiwa lainnya dari Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2016  berkumpul di Auditorium Pasca Sarjana Fikom, Kuliah Umum Perdana ini disampaikan Melalui Teleconference, Bersama dengan Mahasiswa dari Fakultas Lain yang juga berkumpul di Auditorium mereka masing-masing, Termasuk juga dengan Para mahasiswa dari Unpad Multi Kampus Pangandaran,.

Entah kenapa mukla-muka mahasiswa Fikom pada excited abis, Malah menurut saya sih terlalu excited, Mungkin sudah kangen belajar kali ya.

Oh ya btw, Saya diterima di Program Studi Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran, Melalui SBMPTN, Yea berhasil juga masuk Unpad dan jurusan yang memang dipengen sejak dulu banget.

Balik ke Kuliah Perdana, Setelah melakukan test beberapa menit untuk koneksi dan kelancaran Video, Akhirnya Kuliah dibuka oleh Pembawa acara dan Langsung ke Pak Rektor yang menyampaikan mengenai satu hal yang bagi beberapa orang Asing namun bagi saya sudah tidak terlalu asing Yakni Sustainable Development Goals 

Jadi Pak Rektor menyampaikan bahwa salah satu jargon Universitas Padjajaran untuk beberapa tahun kedepan adalah :

from West Java to the World through sustainable development

Prof. Tri Hanggono Achmad menjelaskan bahwa kemajuan Ilmu Pengetahuan di awal millenium ini membawa banyak kemajuan dari mulai Produksi meningkat, Ekonomi di negara berkembang semakin membaik dan kemajuan nilai investasi untuk Negara-negara dunia ketiga, dan yang paling penting Ilmu Pengetahuan membuat manusia merasakan kehidupan yang bisa dibilang paling baik sepanjang sejarah mereka diatas Muka Bumi, Kemajuan iptek membawa kebaikan untuk manusia di Bumi.

Naiknya angka Harapan Hidup dan turunnya Angka Kematian Ibu saat Melahirkan adalah bukti nyata, Terutama Angka Harapan Hidup di Negara Berkembang terus membaik dan menciptakkan suatu fakta bahwa Kesehatan adalah kunci dari Hidup Panjang. Namun hal ini juga menimbulkan suatu tantangan baru, Dengan naiknya angka Harapan hidup tentu akan semakin banyak warga negara yang hidup di rentang usia tidak produktif dan ini juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat yang hidup di Usia Produktif agar bisa terus berkarya dan menciptakkan hal baru walaupun Angka Dependency Ratio nya cukup tinggi.

Bumi Kita bisa ditinggali lebih dari 9 triliun Jiwa di 2025, Saat ini penduduk Bumi adalah 7.1 Triliun Jiwa, Naik hampir 200% dari 1960 yang hanya 3 triliun Jiwa.

Melihat Retrospektif masa lalu menciptakkan optimisme bahwa kita bisa menciptakkan kemajuan yang lebih di dunia, Terutama mengenai kemajuan dalam Bidang Dunia Ilmu Pengetahuan, Namun Perkembangan atau Development ini harus tetap mempedulikan Lingkungan, Itulah mengapa Sustain (Keberlanjutan) menjadi nilai inti dalam Tujuan Pembangunan ini.

Bagaimana kita bisa menciptakkan area produksi untuk menciptakkan lebih banyak produk namun area produksi tidak boleh merusak lingkungan sekitaranya dan harus mengambil bahan produksi dari tempat yang memang diperbolehkan dan tidak merusak ekosistem.

Hal yang disampaikan Pak Rektor sebenarnya adalah hal yang sama yang disampaikan John Green di salah satu Video nya di channel Vlogbrothers  Millenium Development Goals dan ini adalah Goals sejak Tahun 2000 Hingga 2015, Nah segala Goals ini ada yang tercapai ada yang tidak.

Dan Pada September 2015 kemarin para pemimpin dunia bertemu untuk merumuskan Hal baru untuk Development Goals Kedepannya, Bisa dilihat disini

SustianJadi untuk beberapa tahun kedepan apra pemimpin negara dan tokoh dunia setuju untuk mewujudkan bumi yang lebih baik melalui goals ini, Begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s