Hal yang Perlu dilakukan Sebelum Kuliah


Untuk kalian yang tahun ini baru mulai kuliah (seperti saya) dan kalian yang tahun depan mungkin baru mau masuk kuliah, Saya rasa ini ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan yang lumayan bermanfaat.

  1. Belajar Manajemen Waktu

Susah dijelaskan kalau belum mengalami, Kegiatan Kuliah itu ya lumayan padat lah, Jadi kalau bisa belajar manajemen waktu dari masa SMA, atau yang sudah masuk kuliah, Mulai biasakan punya time table to get things done, Kurang-kurangi ngerjain tugas H-1, karena kalau dibiasakan H-1 baru nugas, Biasanya tugas akan numpuk dan bingung sendiri kalau tugas udah numpuk, Bingung ngerjain yang mana dulu, Bingung ngerjainnya gimana.

Manajemen antara kehidupan UKM dan Kuliah dan Di Luar Kuliah dan Keluarga juga lumayan tantangan, Belum lagi waktu nugas yang biasanya merampas waktu kita buat sama keluarga (Kalau gak nge kost) kalau nge kost biasanya waktu nugas merampas waktu beresin kostan. Dan UKM juga kadang banyak kerjaan yang harus bisa selesai dalam 1 minggu atau bahkan beberapa hari, Banyak ekspektasi dan tuntutan kepada kita, kalau bisa dijawab ekspektasi dan tuntutan tersebut, kita makin menjadi hebat, Tapi kalau enggak ya gitu lah.

Mahasiswa yang cuma nangkring dan nitip absen juga ada, banyak, jangan ditiru ya hehehe, Bayar kuliah mahal tapi kalau cuma dapet waktu nongkrong ya gak perlu kuliah, Apapun alasannya, Kalau kuliah masih pake biaya orang tua, Seenggaknya harus ada akuntabilitas sama orang tua.

Yang masih SMA ? Belajar berkorban, bisa jadi ngorbanin nonton sama pacar hari ini demi les bisa bikin kalian lebih ngerti  3 soal matematika yang nanti keluar pas SBMPTN, Belajar berkorban, karena kamu harus sadar gimana perasaaan orangtua kalian kalau kalian berhasil.

2. Perluas Wawasan

“Empiris itu apa?” “Simbolik itu apa?” “Semantik itu apa?” “Taxation itu apa?”

Saya tidak pernah bermasalah dengan orang banyak bertanya soal hal yang baru mereka temukan dan mereka tidak tahu apa hal tersebut, tapi Setidaknya untuk menghindari syndrome banyak tanya pas pertama masuk kuliah, Kalian coba perluas wawasan kalian.

Ini bakal membantu banget untuk meminimalisir gagap informasi yang biasa alami pas pertama masuk lingkungan baru, bingung nanya kemana karena dosen beda sama guru, dan kalau keseringan bertanya ke dosen kadang malah bikin orang sekitar kita aneh dan dosen jadi gak mood.

Perluas wawasan, baca buku-buku referensi kuliah, buku cerita, buku apapun yang menambah pengetahuan kalian, Tonton acara yang memberi kalian wawasan bukan cuma bahan obrolan gosip dan sinetron, Cari hal baru dari hal yang kalian tonton, Temukan dunia dalam pengetahuan yang lebih luas !

 

3. Belajar Bahasa Asing

English will always Help! For Sure! 

 

Karena kemampuan bahasa asing membuat kita punya nilai plus dalam beberapa hal, Kalau sudah merasa lumayan, Ikuti tes TOEFL supaya kalian bisa mengukur sampai mana kemampuan kalian, Ikuti minimal 1 Tahun sekali, Percaya diri sendiri, Kalau sudah diatas 500 score toefl kalian, Terus Improve, Jangan mudah puas. Dan selalu ingat Bahasa membuka mata kita pada dunia yang tidak pernah ktia ketahui sebelumnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s