Thoughts on Conversation


Saya pernah melihat salah satu gambar populer yang bertuliskan :

Great people talk about Ideas

Average people talk about Things

Small People talk about other people

 

Lalu kemudian beberapa hal ini menjadi salah satu highlight dalam pikiran saya beberapa bulan terakhir, karena saya merasa Kualitas pembicaraan orang di sekitar saya semakin merendah dan saya khawatir.

Saya khawatir karena beberapa orang yang tidak perlu saya sebut orangnya, seringkali memulai pembicaraan mengenai hal-hal yang bisa dibilang tabu, Macam kelamin, Hal-hal yang dilakukan menggunakkan alat kelamin, apa yang mereka lakukan dengan kelamin, dan hal yang orang lakukan dengan kelamin secara bersama-sama. Serendah itukah.

Kita punya kebebasan untuk bicara soal apapun, Tapi apakah perjuangan para pahlawan untuk kebebasan kita, akan kita isi dengan membicarakan bagian tubuh yang sebagian orang anggap sebagai sumber dari segala perasaan yang ada dalam hidup mereka ?

Seringkali tiket sosial juga adalah pembicaraan soal orang lain, Menggunjingkan orang lain seolah orang tersebut orang yang paling berdosa di dunia lalu kemudian saat orangnya muncul semuanya hanya diam seolah mereka tidak mempunyai masalah and then I was like “oh come on”.

Saya tidak punya alasan untuk mengubah hal yang mereka bicarakan, Tapi setidaknya tolong perdalam kualitas pembicaraan kita, dan jangan biarkan kaum intelek itu berbicara di depan dan anda sama sekali tidak mengerti apa yang mereka bicarakan karena anda tidak pernah sama sekali mendengar istilah-istilah yang mereka sebutkan. Entah anda yang memang tidak pernah tau, atau anda memang tidak membaca dan bersifat acuh tak acuh.

Saya tidak mau menjadi generasi yang kualitas pembicaraannya hanya sebatas alat kelamin dan pergunjingan. Tapi saya tidak bisa berbuat banyak untuk merubah semua ini.

Dari saya, Yang seringkali kesulitan membaur karena tidak mau membicarakan alat kelamin ataupun menggunjingkan orang lain.

Leave a Reply

