Hidup Sebelum Civil Society


Salah satu pertanyaan besar manusia saat ini, selain mengenai bagaimana masa depan akan berjalan, adalah bagaimana masa lalu  berjalan. Masa dimana berburu, menggembala hewan, mencari makan berjalan dan mengapa masa-masa itu berhenti dan manusia memutuskan untuk bersatu dan membangun suatu peradaban.

Image result for hunting and gathering society

Sebelum manusia berkembang menjadi sesuatu yang kompleks, manusia sebenarnya menyadari bahwa kebutuhan Jasmani mereka untuk tetap bertahan hidup adalah makanan dan naluri mereka untuk berkembang biak.

Hunting & Gathering memang menjawab kebutuhan dasar manusia untuk mengisi perutnya. Cukup dengan berburu dan juga memetik hasil alami dari alam mereka bisa memenuhi isi perut.

Pada masa itu juga tidak ada pembagian kerja sehingga kebanyakan manusia pada masa sebelum peradaban cenderung mempunyai banyak waktu luang untuk memainkan alat musik yang terbuat dari tulang hasil dari buruan, dan melakukan hubungan seks dengan lawan jenis mereka.

J.J Ma Boy (image creative common license

State of Nature manusia pada saat itu memang tidak diketahui pasti, Jean Jacques Rousseau dalam tulisannya A Discourse on Inequality” (1755) berpendapat bahwa manusia sebenarnya mencintai perdamaian pada masa sebelum peradaban, Manusia cenderung menghindari konflik meskipun biasanya bertemu dengan koloni lain yang mempunyai maksud bertentangan. Dan segala persaingan dan perpecahan muncul pasca adanya Peradaban yang menciptakkan pengelompokkan dalam masyarakat.

 

Image result for Thomas Hobbes
Thomas “Everyone have their animal sense” Hobbes

Namun di sisi Lain Thomas Hobbes dalam bukunya seperti Man and Citizen dan Leviathan  berpendapat bahwa Hidup sebelum Civil Society adalah “Solitary, poor, Nasty, brutish and short” Hobbes berpendapat bahwa Manusia pada saat itu menyadari bahwa dirinya mempunyai kekuatan dan mempunyai naluri ilmiah untuk melakukan hal apapun untuk mencapai tujuannya, Hal apapun disini berarti termasuk menggunakkan kekerasan untuk menyingkirkan manusia lain, dan bila diperlukan manusia pada saat itu mempunyai kebebasan untuk melakukan hal appaun kepada orang lain.

Secara singkat Hobbes berpendapat bahwa manusia memang mempunyai insting untuk bertahan hidup yang kuat sehingga cenderung dapat menggunakkan hal apapun dalam rangka mengusahakan dirinya untuk bertahan hidup, Dalam hal ini termasuk kekerasan dan tindakkan barbar yang dilakukan di masa lalu.

Hidup sebelum peradaban bagi Hobbes adalah dunia barbarik dimana semua manusia bertindak layaknya binatang yang berburu dan bisa memburu manusia lain. Kekerasan adalah jawaban bagi kebuntuan dalam memenuhi kebuntuan. Manusia dan keserakahan. Terbawa hingga hari ini.

Dan……

Teori Thomas Hobbes lebih kuat di beberapa tempat dibanding Teori J.J.Rousseau dikarenakan pada beberapa penemuan fossil manusia pada masa sebelum peradaban menunjukkan bahwa Manusia lebih banyak mati karena peperangan ataupun kekerasan, dikarenakan penemuan senjata maupun artifak-artifak yang melekat yang menunjukkan adanya tanda kekerasan sebelum kematian ataupun tanda lain seperti pertempuran, persenjataan dan juga jejak-jejak gambar pada dinding yang menunjukkan bahwa adanya konflik di masa sebelum peradaban.

Meskipun tidak semua wilayah ditemukan jejak

Hidup sebelum Civil Society memberikan banyak hal termasuk berkembangnya banyak waktu untuk menjelajahi bumi, Menggunakkan seni, Banyak waktu luang untuk berhubungan seks dan banyak lagi. Selain itu hidup bebas mengajarkan manusia untuk menghargai kekuatan alam dan membuka lebih banyak kemungkinan melalui penjelajahan.

Namun Hidup sebelum Civil Society sering diyakini juga sebagai masa manusia masih berpikir,bertindak dan juga mengambil keputusan layaknya Hewan. Saat dimana kebutuhan biologis adalah hal utama, Banyak yang mengatakan juga bahwa penemuan api merupakkan masa dimana manusia sadar bahwa hidup bukan hanya mengenai hal biologis melainkan juga hal diluar nalar yang mereka miliki, Seperti konsep dasar jiwa dan juga memenuhi kebutuhan kejiwaan dan menyadari keberadaan kekuatan metafisika dari alam.

Hidup tanpa peradaban memberikan kebebasan, kehidupan yang sederhana karena hanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kebutuhan terpenuhi. Masa berburu dan sebelum bercocok tanam ini, Mempertemukan berbagai orang dari berbagai tempat.

Namun Peradaban memberikan kita Internet, dan Tanpa Peradaban anarkisme akan berkembang dan mendorong setiap individu mencapai tujuannya dengan segala cara tanpa aturan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s